Ketika mbak Wulan Tersenyum Manis, Malam Itu Sangat Romantis

Di tengah sulitnya belajar memfoto rukyatul hilal, kebetulan di malam kemarin (1 Des 2008) bulan sabit berdampingan dengan Venus dan Jupiter. Fenomena ini seperti rembulan tersenyum. Posisi bulan yang sangat dekat dengan Venus dan Jupiter, menyebabkan fenomena senyum ini. Terlihat di langit barat setelah sunset. 

simulasi rembulan tersenyum

Rembulan berada di bawah, Venus berada di sisi kiri (dari sudut penglihatan kita) atau selatan, dan Jupiter berada di sisi kanan (utara). Dari hasil foto pun akan tampak Venus agak lebih cerah (terang) dari pada Jupiter.

Rembulan tersenyum

Di-jepret dengan kamera : Olympus e510, Lensa ZD 70-300mm. Hasil telah di-crop. Fenomena yang jarang terjadi. Diajeng Wulan tersenyum manis. Jadilah malam itu sangat romantis.

Sayang .. kekasih beneran ga dekat di sini. Hiks 3x..

.

Fenomena yang hampir mirip akan terjadi lagi, walau tak seindah 1 Des 2008 kemarin, Insya Allah 23 April 2009 yang akan datang. Kali ini antara Planet Venus, Mars (Joko Belek), dan Rembulan. Terlihat 23 April 2009 sejak SUBUH sampai matahari terbit, di langit timur. Posisi Mars agak melenceng, tampak seperti kerbau senyum (bukan mbak wulan senyum lagi)… 🙂

simulasi_23april2009

.