Berbagai Perayaan Tahun Baru 2009

Perayaan tahun baru telah menjadi tradisi. Ini adalah realita di dunia. Perayaan ada di mana-mana dengan berbagai kegiatan. Berikut catatan berbagai peristiwa dan kegiatan memperingatinya. Ada yang sia-sia, ada yg biasa saja, ada pula yang baik dan berpahala.

Dalam berbagai pengajian maupun artikel di internet ku dapati, merayakan tahun baru dengan istighasah tak ada contoh Nabi saw. Bid’ah. Mengkhususkan menyengaja mengadakan majelis dzikir di malam tahun baru adalah sesat. Katanya.

Namun lihatlah saudaraku. Bandingkan dengan kegiatan duniawi yg melanda. Ada yg sekedar jedar-jedor membunyikan petasan/ kembang api. Ada yg pesta hura-hura. Begadhang. Mabuk. Dan berbagai kegiatan sia-sia lainnya.

Jika berdzikir pun dianggap sesat, maka bagaimana dengan kegiatan2 sia-sia itu?

Bahkan yg menganggap sesat dzikir itu tak tahu bahwa dzikir adalah ibadah ghairu mahdah. Boleh bahkan sunnah dilakukan kapan saja dan di mana saja.. termasuk di malam tahun baru.

.

1. JAKARTA – Tahun 2008 sudah berlalu, kini segenap masyarakat tengah memasuki tahun 2009. Perayaan pergantian tahun pun berjalan sangat meriah seperti perayaan pada tahun-tahun sebelumnya.

Tiupan terompet, ledakan petasan, cahaya kembang api, hingga suara klakson mobil dan sepeda motor nampak menyambut kedatangan tahun politik ini.

Seperti yang terjadi di kawasan Monumen Nasional (Monas), ribuan warga yang sudah berkumpul sejak pukul 19.00 WIB, Rabu (31/12/2008), akhirnya meluapkan emosinya saat jarum jam menunjukan pukul 00.00 WIB.

Pemandangan serupa juga terjadi di kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ribuan warga yang gagal menginjakan kakinya di Monas tetap antusias saat perayaan akhir tahun terjadi. Mereka nampak bersuka cita kendati perjalanannya harus tertahan karena lumpuh total.

http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/01/01/1/178467/dar-der-dor-perayaan-tahun-baru-2009-meriah

.

2. GIANYAR – Di tengah gegap gempita perayaan tahun baru 2009 di Jakarta, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tidak ketinggalan merayakan bersama keluarga besar di Istana Tampak Siring. Waktu Bali yang satu jam lebih cepat memungkinkan masyarakat setempat merayakan tahun baru lebih cepat.

Tepat pukul 00.00 Wita, JK dan Keluarga Besar meniup terompet secara bersama-sama. Setelah itu dilanjutkan dengan memanjatkan doa untuk kebaikan bangsa dan negara.

http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/12/31/1/178466/sambut-tahun-baru-2009-jk-tiup-terompet

.

3. Jakarta – Usai pesta malam pergantian tahun, banyak tanaman hias di taman Monumen Nasional (Monas) mengalami kerusakan. Tanaman hias yang semula tampak rapi menghiasi sisi bagian luar pintu gerbang Monas rusak karena terinjak-injak.

Meski tetap berjalan tertib dan tak menimbulkan korban luka, kondisi gelap mengakibatkan sebagian warga tak lagi menghiraukan tanaman hias di bawahnya.

Usai menikmati gemerlap kembang api, masyarakat yang semula berkumpul di pelataran Monas tidak serta merta membersihkan sampah sisa makanan maupun koran yang mereka gunakan. Hingga pukul 02.30 WIB, sampah masih terlihat bertebaran di sepanjang jalan-jalan menuju gerbang keluar dan di atas rumput taman Monas.(nov/nrl)

http://www.detiknews.com/read/2009/01/01/101334/1061835/10/pesta-tahun-baru-tanaman-hias-di-monas-rusak-terinjak

.

4. BOGOR – Perayaan malam pergantian tahun di Kota Bogor, Jawa Barat, di warnai kericuhan. Dua kelompok massa terlibat dalam aksi saling melempar batu di kawasan Tugu Kujang.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam tawuran tersebut. Petugas yang berjaga langsung memburu para provokator dan mengamankan mereka di Mapolresta Bogor. Dari tangan mereka, petugas menyita senjata tajam dan gir.

http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/01/01/1/178501/kericuhan-mewarnai-perayaan-tahun-baru-di-bogor

.

5. JAKARTA – Konser musik akhir tahun yang digelar di Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, diwarnai keributan antar sesama penonton.

penonton terlibat aksi saling pukul dan saling melempar batu dan botol air mineral. Saat kejadian, bertepatan dengan aksi panggung dari Kangen Band.

Konser yang dihadiri ratusan ribu orang ini selain dihadiri Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, juga dimeriahkan aksi panggung sejumlah musisi seperti Peterpan, Ungu, dan The Changcuters. (teb)

http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/01/01/1/178468/konser-musik-di-ancol-ricuh

.

6. Di tengah-tengah perayaan tahun baru yang diisi dengan acara hura-hura, PBNU menyelenggarakan acara memperingati 1 Muharram dan 1 Januari 2009 yang waktunya selisih dua hari dengan menggelar istihgotsah di halaman gedung PBNU, Rabu malam (31/12).

Tak sebatas orang tua, kaum muda dengan baju koko dan kopiah putih atau hitam tampak diantara jamaah yang secara khusu’ membaca kalimat-kalimat yang memuji keagungan Allah ditengah hiruk pikuk jalanan orang yang merayakan tahun baru.

http://www.nu.or.id/page.php?lang=id&menu=news_view&news_id=15674

.

7. Lebih dari 100 masjid yang tersebar pada 11 kecamatan di Kota Padang mengumandangkan qamat dan azan lima kali berturut-turut selama 24 jam. Hal itu dilakukan untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam 1430 Hijriah.

“Qamat dan azan jika dikumandangkan banyak sekali manfaatnya bagi umat yang mendengarkannya, antara lain, umat Islam pasti akan ingat selalu janjinya pada Allah untuk menunaikan ibadah salat lima waktu,” kata Walikota Padang, Fauzi Bahar, di Lapangan Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, Senin (29/12) sore.

Pada kesempatan itu, ia meminta Kepala Bagian Binsos Kota Padang untuk segera
mengumpulkan pelajar SD, SLTP dan SLTA untuk mendengarkan azan, ikut salat berjamaah serta kegiatan zikir remaja melalui program remaja masjid.

Kegiatan tersebut, tambah Fauzi, bagian dari gerakan Pemko Padang dalam memeriahkan dan memaknai tahun baru Islam yang dimulai pada 2004 membasmi togel, tahun 2005 gerakan berpakaian muslim, 2006 pemungutan zakat, dan tahun 2007 dan 2008 masing-masing subuh mubarakah dan asmaul husna. (ant/bat)

http://www.nu.or.id/page.php?lang=id&menu=news_view&news_id=15655

.

8. BANGKOK,KAMIS-Kebakaran dahsyat di sebuah klab malam di Bangkok, Thailand menewaskan sedikitnya 58 orang yang sedang merayakan Tahun Baru dan melukai lebih dari 100 orang.

Beberapa saksi mata mengatakan kebakaran berasal dari kembang api sementara yang lain menyebutkan kebakaran akibat arus pendek.

Oh mengatakan para pengunjung diberi kembang api beberapa saat menjelang tengah malam dan begitu tanda waktu menunjukkan mulainya tahun 2009, kembang api mulai menyala di tempat dansa dan memicu kebakaran besar.  “Orang-orang mulai berlarian menuju pintu-pintu dan memecahkan kaca-kaca jendela,” katanya.
Puluhan mayat yang dibungkus selimut putih diletakkan di trotoar di luar klab itu sementara petugas memadamkan kebakaran di Ekkamai, sebuah jalan yang terkenal dikunjungi orang asing dan warga Thailand dari kelas atas.

Polisi menyatakan korban tewas mencapai 58 orang dan lebih 120 orang cedera.

http://kompas.com/read/xml/2009/01/01/0514271/klab.malam.terbakar.58.tewas.di.malam.tahun.baru

.

9.  Belin – Malam pergantian tahun menuju 2009 dirayakan begitu meriah di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Berlin, Jerman. Pesta tahun baru besar-besaran digelar, dan diklaim yang terbesar di Eropa.

Perayaan tahun baru ini memakan area seluas 80 ribu meter persegi dari monumen Brandenburger Tor memanjang sampai taman kota Tiergarten yang luas. Sekitar 1 juta warga Berlin dan kota lain, tumpah ruah di sini.

Saat yang ditunggu-tunggu pun tiba, ramai-ramai menghitung mundur. Para artis dan DJ memberi komando dari panggung musik. Tepat pukul 00.00 waktu setempat, pesta kembang api pun dimulai. Sorak sorai membahana. Beraneka jenis kembang api menghiasi langit dengan semarak menyambut datangnya tahun 2009.

http://www.detiknews.com/read/2009/01/01/074546/1061807/10/gebyar-tahun-baru-di-berlin

.

10. Madinah – Malam tahun baru masehi yang biasanya diwarnai pesta dan hura-hura tidak terjadi di kota-kota di Arab Saudi. Pemerintah setempat melarang adanya pesta tahun baru, karena tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Jamaah haji dari Asia dan Eropa seperti Turki yang biasanya menggelar tradisi pesta tahun baru di negaranya, terlihat lebih banyak menuju Masjid Nabawi. Mereka berebut untuk bisa masuk ke raudah guna berdoa dan berzikir agar diberikan kemudahan dalam menjalani hidup di tahun 2009 ini.

“Kalau di Indonesia, biasanya saya keluar sama keluarga kalau malam tahun baru. Kalau disini, mumpung dekat dengan raudah, saya kesana saja. Berdoa dan zikir,” kata jamaah haji sal Jakarta, Sofwan Hakim.

http://www.detiknews.com/read/2009/01/01/063911/1061804/10/jamaah-haji-rayakan-tahun-baru-dengan-doa-zikir

.

11. Kairo – Imbas agresi militer Israel atas Palestina disikapi sejumlah negara Arab dengan cara berbeda. Mereka tidak merayakan malam pergantian tahun. Pesta-pesta di sejumlah negara dibatalkan.

Seperti dikutip AFP, Kamis (1/1/2009), antara lain Mesir, Jordania, Uni Emirat Arab, dan Syiria meniadakan segala macam perayaan. Padahal sebelumnya, rencana di kota-kota di negara itu telah disiapkan, dengan pagelaran konser musik.

Sedang di Jordania, acara di sejumlah hotel bintang lima pun demikian, dibatalkan. “Ini sebagai solidaritas bagi warga di Gaza,” kata Ketua Asosiasi Hotel di Jordania, Michael Nazzal.

http://www.detiknews.com/read/2009/01/01/024859/1061793/10/negara-arab-tak-rayakan-pesta-tahun-baru

.

12. Penguasa Dubai pada Selasa memerintahkan pembatalan semua perayaan Tahun Baru di pusat pariwisata Teluk itu sebagai solidaritas dengan rakyat Palestina yang menghadapi serangan militer Israel di Jalur Gaza.

Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum mengatakan langkah itu dipicu oleh “kehancuran, pembunuhan dan keterlantaran yang disebabkan oleh mesin militer Israel”, kantor berita negara WAM melaporkan.

Empat hari serangan udara Israel di Jalur Gaza telah menewaskan sedikitnya 380 warga Palestina di Gaza dan mendorong demonstrasi kemarahan di seluruh dunia Arab. Demonstrasi anti-serangan biadab Israel di Gaza juga berlangsung di banyak bagian dunia lainnya, termasuk di Perancis, Inggris dan juga di Indonesia.

Pembatalan perayaan Tahun Baru 2009 sebelumnya juga telah dilakukan oleh pemerintah Istanbul, Turki, yang merasa tidak pantas berpesta sementara rakyat Palestina menderita. (ant/sir)

http://www.nu.or.id/page.php?lang=id&menu=news_view&news_id=15669

.

13. Tepatnya tanggal 28 Desember 2008 sehabis shalat jamaah isya’ tarikh menunjukkan sudah masuk pergantian tahun Hijriyah 1430, tahun baru Islam, berarti 1 Muharam telah tiba. Seperti tahun lalu, tahun ini pun KBRI Doha memperingati dengan Khotmul Qur’an dan serangkaian ceramah.

Acara yang penuh dengan suasana keakraban ini ditutup dengan santap malam ala Arab, nasi briyani kuning, kambing, salad Arab, dan tak lupa samosa. (mad)

http://www.nu.or.id/page.php?lang=id&menu=news_view&news_id=15670

.

14. Gaza – Israel terus melancarkan serangan. Pada malam pergantian tahun, tercatat 3 warga tewas di Jalur Gaza. Kini total korban jiwa akibat agresi itu mencapai 398 orang.

Seperti dikutip AFP, Kamis (1/1/2009), jumlah korban berdasarkan data dari pihak kesehatan setempat. Selain korban tewas, korban luka mencapai 2 ribu orang.

Serangan terus dilakukan pasukan Israel dengan menggunakan pesawat tempurnya. Sejumlah tempat menjadi sasaran. Korban diperkirakan akan semakin bertambah.(ndr/nov)

http://www.detiknews.com/read/2009/01/01/083806/1061809/10/agresi-israel-total-398-warga-palestina-tewas

.

15. Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DI Yogyakarta menyerukan kepada seluruh nahdliyin (warga NU) di wilayahnya agar membaca qunut nazilah untuk mendoakan rakyat Palestina.

Seruan tersebut disampaikan Wakil Ketua PWNU Yogyakarta, Mochammad Maksum, menyusul serangan udara besar-besaran oleh militer Israel ke wilayah Jalur Gaza, Palestina, selama empat hari berturut-turut, Sabtu (27/12) hingga Selasa (30/12).

Hari keempat serangan Israel ke Gaza, secara total sudah menewaskan sekira 300 lebih warga sipil Palestina. Terakhir, 10 orang tewas dalam serangan Selasa (30/12).

Ditulis BBC, hari pertama, tentara Israel melakukan serangan di Jalur Gaza dan hanya dalam beberapa menit serangan dari sekira 10 pesawat tempur langsung menewaskan 100 warga Palestina. Target serangan adalah kantor polisi Palestina.

Hari kedua, satu keluarga tewas dalam serangan di kamp pengungsian di Yabna. Serangan ini juga mendapat kecaman karena melanggar aturan hukum perang internasional. Di hari yang sama, pesawat tempur Israel menyerang terowongan dan jembatan di perbatasan Gaza dan Mesir.

Hari ketiga, pesawat tempur Israel menghancurkan kantor menteri dalam negeri Hamas dan sebuah Universitas Islam. Saat itu pesawat tempur Israel juga menyerang kamp pengungsian Shati yang berdekatan dengan kediaman pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh.

Pada serangan di hari ketiga itu, Israel juga menyerang kamp pengungsian Jebaliya dan juga sejumlah orang tewas ketika sebuah masjid mendapat hantaman rudal Israel.

Roket Hamas pertama meluncur pada Ahad (28/12). Roket itu menyerang Israel bagian utara. Lalu pada hari kedua, roket Hamas menewaskan seorang warga di Ashkelon dan mencederai beberapa warga Israel lainnya. Roket juga menewaskan seorang warga Israel di Nevitot dan Sderot.

Total, roket Hamas menewaskan empat warga Israel dan mencederai belasan lainnya. Sedangkan Israel sudah menewaskan 300 warga Palestina dan melukai 1.500 orang lainnya. (rif/bbc)

http://www.nu.or.id/page.php?lang=id&menu=news_view&news_id=15659

.

Akhirnya… inilah sebuah hikmah, renungan dan doa,

Ya Allah ..  aku lakukan di tahun (lalu) ini perkara-perkara yang Engkau larang melakukannya. Dan aku pun belum bertaubat daripadanya.

Perkara-perkara yang menyebabkan Engkau tidak ridlo dan tidak melupakannya.

Ya Allah .. Engkau berhak menghukumku, namun Engkau masih mmeberi kesempatan taubatku dengan dosa-dosa itu semuanya.

Ya Allah .. ya rabbana .. Sesungguhnya aku memohon keampunanMu, maka ampunilah aku. Dan aku selalu berharap akan ridlo-Mu, maka aku memohon kepada-Mu.

Wahai Tuhan.. Wahai yang Maha Pemurah.. Wahai Yang Maha Agung dan wahai Yang Maha Mulia, terimalah taubatku. Janganlah Engkau hampakan harapanku yaa Allah Yang Maha Pemurah.

Yaa Allah .. Engkaulah yang kekal abadi, yang qadim, yang awal .. kini tahun baru telah tiba.

Kami memohon lindungan-Mu dari syaitan dan pembantu-pembantunya dan tentara-tentaranya.

Kami mohon perlindungan kepada-Mu dari segala kejahatan. Dan kami mohon pertolongan-Mu untuk dapat mendekatkanku kepada-Mu wahai Tuhan Yang Maha Agung dan Maha Mulia.

Shalawat dan salam semoga selalu terlimpahkan kepada junjungan kami Muhammad. Nabi yang ummi dan ke atas ahli keluarga dan sahabat-sahabatnya dan kesejahteraan ke atas mereka.

Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.

akhir-tahunawal-tahun

.