Muhammad bin Qāsim bin Muhammad Al-Ghazzi (859-928H)

Syaikh Muhammad bin Qāsim bin Muhammad Al-Ghazzi (859-928H) adalah penulis kitab Fathul Qarīb al Mujīb fii Syarhi Al-fādzi at Taqrīb (at Taqrib adalah kitab fiqih madzab Stafi’i karya Imam Abu Syuja’), adalah seorang imam yang ma’ruf dikalangan ulama Syafi’iyyah. Beliau dikenal dengan nama Ibn Al-Gharābīlī (الغرابيلي). Dilahirkan pada bulan Rajab tahun 859 H. Beliau dilahirkan dikota Ghazza Palestina (dikenal dengan Gaza) dan tumbuh besar disana. Beliau menghafal Alqur’an, Asy-Syathibiyyah, Al-Minhaj dan kitab Al-Fiyatul Hadits dan Al-Fiyah an Nahwu serta sebagian besar kitab Jam’ul Jawāmi’.

Kemudian beliau pindah ke Kairo Mesir pada bulan Rajab tahun 881 H dan meneruskan perjuangan ilmiyyahnya disana untuk belajar dan mengajar di Jāmi’ Al-Azhar.

 

Guru-guru beliau diantaranya adalah:

Syamsuddin Abul Wafa’, Muhammad bin Khadr Al-Ghazzi Asy-Syāfi’iy, yang dikenal dengan Ibnul Himshi (812-881 H), yang tinggal di Ghazza dan mengajarkan ilmu fiqh dan bahasa arab kepada Syaikh Muhammad bin Qassim Al-Ghazzi ini.

Syaikhul Islam Muhammad bin Muhammad As-Sayyid Al-Maqdisi (Ibn Abi Syarīf, 882-906 H). Beliau ilmu fiqh, ushul fiqh dan ushuliddin (aqidah) dari Ibn Abi Syarif. Beliau membacakan kepada Syaikhnya Syarah Mahalli li Jam’il Jawāmi’.

Syaikh Ahmad bin ‘Ali bin Hushain bin Hasan bin ‘Ali bin ‘Abdil Wahb Asy-Syihāb Al-‘Abbadi (807-880 H). Beliau juga belajar ilmu fiqh dengan cara membaca kitab dihadapan beliau (gurunya) serta mendengarkan kitab yang di-imla’-kan oleh gurunya.

Syamsuddin Al-Jūjrī. Beliau belajar kepada gurunya ini ilmu ushul fiqh dan ilmu arudh (ilmu bahasa arab).

Alauddin Al-Hashanī. Belajar Syarhul ‘Aqāid dan hasiyahnya serta Syarh At-Tashrīf dan Syarhul Qutub Fil Mantiq (ilmu mantiq) dan mayoritas buku-buku yang panjang dan meluas.

Badruddin Al-Mārdānī. Belajar tentang ilmu farāidh dan ilmu hitung serta al jabar serta ilmu-ilmu umum yang lainnya. Dan beliau juga membaca karangan gurunya yaitu Syarh Al-Fushūl.

Zainuddin Zakariyya. Beliau belajar dari gurunya ini kitab Al-Qiyyās dari Syarhul Jam’ul Jawāmi’ Lil Mahalli. Dan juga belajar kepada beliau tentang qirāat Sab’ah (qirāat qurāniyah yang 7 bacaan).

Jamāluddin Al-Kūrāni. Beliau belajar Syarh Asykāl At-Ta’sis

Beliau belajar Ilmu qirāat dari Syaikh Syamsuddin bin Muhammad bin Al-Qadirī.

 

Dan masih banyak lagi guru-guru beliau yang lain , baik dalam ilmu fiqih, ilmu qirāat, ilmu bahasa arab maupun ilmu-ilmu agama yang lainnya, bahkan ilmu umum seperti matematika, ilmu hitung, aljabar dan yang lainnya.
Beliau memiliki sifat yang sangat mulia dan dipuji oleh banyak teman sebayanya dan guru-gurunya.

 

Kitab beliau Fathul Qarib Mujib yang kemudian di beri hasyiah oleh Imam al-Bajuri, sampai sat ini menjadi kurikulum standar di seluruh pesantren syafiiyah di Indonesia.

.

Sumber:

http://lbm.mudimesra.com/2013/10/biografi-qadhi-abu-syuja-as-syafiiy.html

http://babarusyda.blogspot.co.id/2013/11/biografi-qadhi-abu-syuja-as-syafiiy.html